Sunday, April 28, 2013

Para Ulama, Ahli Fiqh Dan Para Qadli Yang Mendebat Atau Membantah Ibnu Taimiyah


Berikut adalah  nama-nama para ulama yang semasa dengan Ibnu Taimiyah (W. 728 H) dan berdebat dengannya atau yang hidup setelahnya dan membantah serta menyerang pendapat-pendapatnya. Mereka adalah para ulama dari empat madzhab; Syafi’i, Hanafi, Maliki dan Hanbali:

  1. Al Qadli al Mufassir Badruddin Muhammad ibn Ibrahim ibn Jama’ah  asy-Syafi’i  (W. 733 H).Al Qadli Muhammad ibn al Hariri al Anshari al Hanafi.
  2. Al Qadli Muhammad ibn Abu Bakr al Maliki
  3. Al Qadli Ahmad ibn ‘Umar al Maqdisi al Hanbali. Dengan fatwa empat Qadli (hakim) dari empat madzhab ini, Ibnu Taimiyah dipenjara pada tahun 726 H. Peristiwa ini diuraikan dalam ‘Uyun at-Tawarikh karya Ibnu Syakir al Kutubi,  Najm al Muhtadi wa Rajm al Mu’tadi karya Ibn al Mu’allim al Qurasyi.
  4. Syekh Shalih ibn Abdillah al Batha-ihi, pimpinan para ulama di Munaybi’ ar-Rifa’i, kemudian menetap di Damaskus dan wafat tahun 707 H. Beliau adalah salah seorang yang menolak pendapat Ibnu Taimiyah dan membantahnya seperti dijelaskan oleh Ahmad al-Witri dalam karyanya Raudlah an-Nazhirin wa Khulashah Manaqib ash-Shalihin. Al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani juga menuturkan biografi Syekh Shalih ini dalam ad-Durar al Kaminah.
  5. Syekh Kamaluddin Muhammad ibn Abu al Hasan Ali as-Siraj ar-Rifa’i al Qurasyi dalam Tuffah al Arwah Wa Fattah al Arbah. Beliau ini semasa dengan Ibnu Taimiyah .
  6. Qadli al Qudlah (Hakim Agung) di Mesir; Ahmad ibn Ibrahim as-Surruji al Hanafi (W. 710 H) dalam I’tiraadlat ‘Ala Ibn Taimiyah fi ‘Ilm al Kalam.
  7. Qadli al Qudlah (Hakim Agung) madzhab Maliki di Mesir; Ali ibn Makhluf (W. 718 H). Beliau berkata: "Ibnu Taimiyah berkeyakinan Tajsim. Dalam madzhab kami, orang yang meyakini ini telah kafir dan wajib dibunuh.”
  8. Asy-Syekh al Faqih Ali ibn Ya’qub al Bakri (W. 724 H). Ketika Ibnu Taimiyah datang ke Mesir beliau mendatanginya dan mengingkari pendapat-pendapatnya .
  9. Al Faqih Syamsuddin Muhammad ibn ‘Adlan asy-Syafi’i (W. 749 H). Beliau mengatakan: "Ibnu Taimiyah berkata; Allah di atas ‘Arsy dengan keberadaan di atas yang sebenarnya, Allah berbicara (berfirman) dengan huruf dan suara.”
  10. Al Hafizh al Mujtahid Taqiyyuddin as-Subki (W. 756 H) dalam beberapa karyanya: 
  11. al I’tibar Bi Baqa al Jannah Wa an-Nar 
  12. ad-Durrah al Mudliyyah Fi ar-Radd ‘Ala Ibn Taimiyah
  13. Syifa as-Saqam fi Ziyarah Khairi al Anam 
  14. an-Nazhar al Muhaqqaq fi al Halif Bi ath-Thalaq al Mu’allaq
  15. Naqd al Ijtima’ Wa al Iftiraq fi Masa-il al Ayman Wa ath-Thalaq 
  16. at-Tahqiq fi Mas-alah  at-Ta’liq
  17. Raf'u asy-Syiqaq ‘An Mas-alah ath-Thalaq.
  18. Al Muhaddits al Mufassir al Ushuli al Faqih Muhammad ibn ‘Umar ibn Makki, yang lebih dikenal dengan Ibn al Murahhil asy-Syafi’i (W. 716 H), beliau membantah dan mendebat Ibnu Taimiyah.
  19. Al Hafizh  Abu Sa’id Shalahuddin al ‘Ala-i (W. 761 H). Beliau mencela Ibnu Taimiyah seperti dijelaskan dalam:
  20. Dzakha-ir al Qashr fi Tarajim Nubala al ‘Ashr, hal. 32-33 karya Ibnu Thulun.
  21. Ahadits Ziyarah Qabr an-Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam.
  22. Qadli al Qudlah (Hakim Agung) di al Madinah al Munawwarah; Abu Abdillah Muhammad ibn Musallam ibn Malik ash-Shalihi al Hanbali  (W. 726 H).
  23. Syekh Ahmad ibn Yahya al Kullabi al Halabi yang lebih dikenal dengan Ibn Jahbal (W. 733 H). Beliau semasa dengan Ibnu Taimiyah dan menulis sebuah risalah untuk membantahnya, berjudul Risalah fi Nafyi al Jihah, yakni menafikan Jihah (arah) bagi Allah.
  24. Al Qadli Kamaluddin ibn az-Zumallakani (W. 727 H). Beliau mendebat Ibnu Taimiyah dan membantahnya dengan menulis dua risalah tentang masalah talak dan ziarah ke makam Rasulullah.
  25. Al Qadli Shafiyyuddin al Hindi (W. 715 H), beliau mendebat Ibnu Taimiyah.
  26. Al Faqih al Muhaddits ‘Ali ibn Muhammad al Bajiyy asy-Syafi’i (W. 714 H). Beliau mendebat Ibnu Taimiyah dalam empat belas majelis dan berhasil membungkamnya.
  27. Al Mu-arrikh al Faqih al Mutakallim al Fakhr Ibn al Mu’allim al Qurasyi (W. 725 H) dalam karyanya Najm al Muhtadi Wa Rajm al Mu’tadi.
  28. Al Faqih Muhammad ibn ‘Ali ibn ‘Ali al Mazini ad-Dahhan ad-Dimasyqi (W. 721 H) dalam dua risalahnya:
  29. Risalah fi ar-Radd ‘Ala Ibn Taimiyah fi Mas-alah ath-Thalaq.
  30. Risalah fi ar-Radd ‘Ala Ibn Taimiyah fi Mas-alah az-Ziyarah.
  31. Al Faqih Abu al Qasim Ahmad ibn Muhammad asy-Syirazi (W. 733 H) dalam karyanya Risalah fi ar-Radd ‘Ala Ibn Taimiyah.
  32. Al Faqih al Muhaddits Jalaluddin Muhammad al Qazwini asy-Syafi’i (W. 739 H).
  33. Surat keputusan resmi yang dikeluarkan oleh Sultan Ibnu Qalawun (W. 741 H) untuk memenjarakannya.
  34. Al Hafizh adz-Dzahabi (W. 748 H). Ia semasa dengan Ibnu Taimiyah dan membantahnya dalam dua risalahnya :
  35. Bayan Zaghal al ‘Ilm Wa ath-Thalab.
  36. an-Nashihah adz-Dzahabiyyah  
  37. Al Mufassir Abu Hayyan al Andalusi (W. 745 H) dalam Tafsirnya: an-Nahr al Maadd Min al Bahr al Muhith.
  38. Syekh ‘Afifuddin Abdullah ibn As’ad al Yafi’i al Yamani al Makki (W. 768 H).
  39. Al Faqih ar-Rahhalah Ibnu Baththuthah (W. 779 H) dalam karyanya Rihlah Ibn Baththuthah.
  40. Al Faqih Tajuddin as-Subki (W. 771 H) dalam karyanya Thabaqat asy-Syafi’iyyah al Kubra.
  41. Al Muarrikh Ibnu Syakir al Kutubi (W. 764 H); murid Ibnu Taimiyah dalam karyanya: ‘Uyun at-Tawarikh.
  42. Syekh ‘Umar ibn Abu al Yaman al Lakhami al Fakihi al Maliki (W. 734 H) dalam at-Tuhfah al Mukhtarah Fi ar-Radd ‘Ala Munkir az-Ziyarah.
  43. Al Qadli Muhammad as-Sa’di al Mishri al Akhna-i (W. 750 H)  dalam al Maqalah al Mardliyyah fi ar-Radd ‘Ala Man Yunkir az-Ziyarah al Muhammadiyyah. Buku ini dicetak bersama dengan Al-Barahin as-Sathi’ah karya al ’Azami.
  44. Syekh Isa az-Zawawi al Maliki (W. 743 H) dalam Risalah fi Mas-alah ath- Thalaq.
  45. Syekh Ahmad ibn Utsman at-Turkamani al-Juzajani al Hanafi (W. 744 H) dalam al Abhats al Jaliyyah fi ar-Radd ‘ala Ibn Taimiyah.
  46. Al Hafizh Abdur Rahman ibn Ahmad,  yang terkenal dengan Ibnu Rajab al Hanbali (W. 795 H) dalam: Bayan Musykil al Ahadits al Waridah fi Anna ath-Thalaq ats-Tsalats Wahidah.
  47. Al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani (W. 852 H) dalam beberapa karyanya:
  48. ad-Durar al Kaminah fi A’yan al Mi-ah ats-Tsaminah
  49. Lisan al Mizan
  50. Fath al Bari Syarh Shahih al Bukhari
  51. Al Isyarah Bi Thuruq Hadits az-Ziyarah
  52. Al Hafizh Waliyyuddin al ‘Iraqi (W. 826 H) dalam al Ajwibah al Mardliyyah fi ar-Radd ‘ala al As-ilah al Makkiyyah.
  53. Al Faqih al Mu-arrikh  Ibn Qadli Syuhbah asy-Syafi’i (W. 851 H) dalam Tarikh Ibn Qadli Syuhbah.
  54. Al Faqih Abu Bakr al Hushni (W. 829 H) dalam Karyanya Daf’u Syubah Man Syabbaha Wa Tamarrada Wa Nasaba Dzalika Ila al Imam Ahmad.
  55. Pimpinan para ulama seluruh Afrika, Abu Abdillah ibn ‘Arafah at-Tunisi al Maliki (W. 803 H).
  56. Al ‘Allamah ‘Ala-uddin al Bukhari al Hanafi (W. 841 H). Beliau mengkafirkan Ibnu Taimiyah dan orang yang menyebutnya Syekh al Islam . Artinya orang yang menyebutnya dengan julukan Syekh al Islam, sementara ia tahu perkataan dan pendapat-pendapat kufurnya. Hal ini dituturkan oleh Al Hafizh  as-Sakhawi dalam adl-Dlau al-Lami'.
  57. Syekh Muhammad ibn Ahmad Hamiduddin al Farghani ad-Dimasyqi al Hanafi (W. 867 H) dalam risalahnya ar-Radd ‘ala Ibnu Taimiyah fi al I’tiqadat.
  58. Syekh Ahmad Zurruq al Fasi al Maliki (W. 899 H) dalam Syarh  Hizb al Bahr.
  59. Al Hafizh as-Sakhawi (W. 902 H) dalam al I’lan Bi at-Taubikh liman Dzamma at-Tarikh.
  60. Ahmad ibn Muhammad yang dikenal dengan Ibnu Abdis Salam al Mishri (W. 931 H) dalam al Qaul an-Nashir fi Raddi Khabath 'Ali ibn Nashir.
  61. Al ‘Alim Ahmad ibn Muhammad al Khawarizmi ad-Dimasyqi yang dikenal dengan Ibnu Qira (W. 968 H), beliau mencela Ibnu Taimiyah.
  62. Al Qadli Al Bayadli al Hanafi (W. 1098 H) dalam Isyarat al Maram Min ‘Ibarat al Imam.
  63. Syekh Ahmad ibn Muhammad al Witri (W. 980 H) dalam Raudlah an-Nazhirin Wa Khulashah Manaqib ash-Shalihin.
  64. Syekh Ibnu Hajar al Haytami (W. 974 H) dalam karya-karyanya:
  65. al Fatawi al Haditsiyyah
  66. al Jawhar al Munazhzham fi Ziyarah al Qabr al Mu’azhzham
  67. Hasyiyah al Idhah fi Manasik al Hajj
  68. Syekh Jalaluddin ad-Dawwani  (W. 928 H) dalam Syarh al ‘Adludiyyah.
  69. Syekh 'Abdun Nafi’ ibn Muhammad ibn ‘Ali ibn ‘Arraq ad-Dimasyqi (W. 962 H) seperti dijelaskan dalam Dzakha-ir  al Qashr fi Tarajim Nubala al ‘Ashr, hal. 32-33, karya Ibnu Thulun.
  70. Al Qadli Abu Abdullah al Muqri dalam Nazhm al-La-ali fi Suluk al Amali.
  71. Mulla ‘Ali al Qari al Hanafi (W. 1014 H) dalam Syarh asy-Syifa li al Qadli ‘Iyadl.
  72. Syekh Abdur Ra-uf  al Munawi asy-Syafi’i (W. 1031 H) dalam Syarh asy-Syama-il li at-Tirmidzi.
  73. Al Muhaddits Muhammad ibn ‘Ali ibn ‘Allan ash-Shiddiqi al Makki (W. 1057 H) dalam risalahnya al Mubrid al Mubki fi ar-Radd 'ala  ash-Sharim al Munki.
  74. Syekh Ahmad al Khafaji al Mishri al Hanafi (W. 1069 H) dalam Syarh asy-Syifa  li  al Qadli ‘Iyadl.
  75. Al Muarrikh Ahmad Abu al ‘Abbas al Muqri (W. 1041 H) dalam Azhar ar-Riyadl.
  76. Syekh Muhammad az-Zurqani al Maliki (W. 1122 H) dalam Syarh al Mawahib  al-Ladunniyyah.
  77. Syekh Abdul Ghani an-Nabulsi (W. 1143 H) dalam banyak karya-karyanya.
  78. Al Faqih ash-Shufi Muhammad Mahdi ibn ‘Ali ash-Shayyadi yang terkenal dengan ar-Rawwas (W. 1287 H).
  79. As-Sayyid  Muhammad Abu al Huda ash-Shayyadi (W. 1328 H) dalam  Qiladah al Jawahir.
  80. Al Mufti Musthafa ibn Ahmad asy-Syaththi al Hanbali ad-Dimasyqi (W. 1348 H) dalam karyanya an-Nuqul asy-Syar’iyyah.
  81. Mahmud Khaththab as-Subki (W. 1352 H) dalam ad-Din al Khalish atau Irsyad al Khalq Ila Din al-Haqq.
  82. Mufti Madinah asy-Syekh  Al Muhaddits Muhammad al Khadlir asy-Syinqithi (W. 1353 H) dalam karyanya Luzum ath-Thalaq ats-Tsalas Daf’uhu Bi Ma La Yastathi’ al ‘Alim Daf’ahu.
  83. Syekh Salamah al ‘Azami asy-Syafi’i (W. 1376 H) dalam al Barahin as-Sathi’ah fi Radd Ba’dl al Bida’ asy-Sya-i’ah dan beberapa makalah dalam surat kabar Mesir al Muslim.
  84. Mufti Mesir Syekh Muhammad Bakhit al Muthi’i (W. 1354 H) dalam karyanya Tathhir al Fuad Min Danas aI I’tiqad.
  85. Wakil Syekh al Islam pada Daulah Utsmaniyyah (Dinasti Bani Utsman) Syekh Muhammad Zahid al Kawtsari (W. 1371 H) dalam beberapa karyanya: 
  86. Maqalat al Kawtsari
  87. at-Ta’aqqub al Hatsits lima Yanfihi Ibnu Taimiyah min al Hadits
  88. al Buhuts al Wafiyyah fi Mufradat Ibn Taimiyah
  89. al Isyfaq ‘ala Ahkam ath-Thalaq
  90. Ibrahim ibn Utsman as-Samnudi al Mishri dalam karyanya Nushrah al Imam as-Subki Bi Radd ash-Sharim al Munki.
  91. Ulama Makkah Muhammad al ‘Arabi at-Tabban (W. 1390 H) dalam Bara-ah al Asy’ariyyin Min ‘Aqa-id al Mukhalifin.
  92. Syekh Muhammad Yusuf al Banuri al Bakistani dalam Ma’arif as-Sunan Syarh Sunan at-Tirmidzi.
  93. Syekh Manshur Muhammad ‘Uwais dalam bukunya Ibnu Taimiyah Laisa Salafiyyan.
  94. al Hafizh Syekh Ahmad ibn ash-Shiddiq al Ghumari al Maghribi (W. 1380 H) dalam beberapa karyanya, di antaranya:
  95. Hidayah ash-Shaghra’
  96. al Qaul al Jaliyy
  97. al Muhaddits Syekh Abdullah al Ghumari al Maghribi (W. 1413 H) dalam banyak karyanya, di antaranya: 
  98. Itqan ash-Shan-‘ah Fi Tahqiq Ma’na al Bid’ah
  99. ash-Shubh as-Safir fi Tahqiq Shalah al Musafir
  100. ar-Rasa-il al Ghumariyyah
  101. Al Musnid Abu al Asybal Salim ibn Jindan (W. 1969) dari Jakarta Indonesia dalam karyanya al Khulashah al Kafiyah fi al Asa-nid al ‘Aliyah.
  102. Hamdullah al Barajuwi, ulama Saharnapur dalam al Bashair Li Munkiri  at-Tawassul Bi Ahl al Qubur
  103. Syekh Mushthafa Abu Sayf al Hamami. Beliau mengkafirkan Ibnu Taimiyah dalam karyanya Ghawts al ‘Ibad Bi Bayan ar-Rasyad. Buku  ini mendapat persetujuan dan rekomendasi dari beberapa ulama besar, di antaranya; Syekh Muhammad Sa’id al ‘Arfi, Syekh Yusuf ad-Dajwi, Syekh Mahmud Abu Daqiqah, Syekh Muhammad al Buhairi, Syekh Muhammad Abdul Fattah ‘Inati, Syekh Habibullah al Jakni asy-Syinqithi, Syekh Dasuqi Abdullah al ‘Arabi dan Syekh Muhammad Hifni Bilal.
  104. Muhammad ibn Isa ibn Badran as-Sa’di al Mishri
  105. as-Sayyid Syekh al Faqih ‘Alawi ibn Thahir al Haddad al Hadlrami.
  106. Mukhtar ibn Ahmad al Muayyad al ‘Adzami (W. 1340 H) dalam Jala’ al  Awham ‘an Madzahib al A-immah al 'Izham Wa at-Tawassul Bi Jahi Khair al Anam ‘alaihi ash-Shalatu Wa as-Salam yang beliau tulis sebagai bantahan terhadap buku Ibnu Taimiyah;  Raf’u al Malam.
  107. Syekh Ismail al Azhari dalam Mir-at an-Najdiyyah.
  108. K.H. Muhammad Ihsan dari Jampes Kediri Jawa timur dalam kitabnya  Siraj  ath-Thalibin.
  109. K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari (W. 1366 H/1947 R), Rais Akbar Nahdlatul Ulama dari Jombang Jawa Timur, dalam kitabnya Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah.
  110. K.H. Ali Maksum (W. 1989 R), Rais ‘am Nahdhatul Ulama IV dari Yogyakarta Jawa Tengah dalam bukunya Hujjah Ahlussunnah Wal Jama’ah.
  111. K.H. Abu al Fadll bin Abd asy-Syakur, dari Senori Tuban Jawa Timur dalam kitab-kitabnya,  di antaranya:
  112. al Kawakib al-Lamma’ah fi Tahqiq al Musamma Bi Ahlussunnah Wal Jama’ah
  113. Syarh al Kawakib al-Lamma’ah
  114. K.H. Ahmad Abdul Hamid dari Kendal Jawa Tengah dalam bukunya  ’Aqa-id Ahlussunnah Wal Jama’ah.
  115. K.H. Siradjuddin 'Abbas (W. 1401 H/1980 R)  dalam banyak karyanya:
  116. I’tiqad Ahlussunnah wal Jama’ah
  117. 40 Masalah Agama, jilid IV
  118. Tuan Guru K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Majid ash-Shaulati (W. 1997 R) Ampenan Pancor Lombok NTB dalam bukunya  Hizb Nahdhatul Wathan Wa Hizb Nahdhatul Banat.
  119. K.H. Muhammad Muhajirin Amsar ad-Dari (W. 2003 R) dari Bekasi Jawa Barat dalam salah satu surat yang beliau tulis.
  120. Al Habib Syekh al Musawa ibn Ahmad al Musawa as-Saqqaf; Penasehat Umum Perguruan Tinggi dan Perguruan Islam az-Ziyadah Klender Jakarta Timur.
  121. K.H. Muhammad Syafi’i Hadzami Mantan Ketua Umum MUI Propinsi DKI Jakarta 1990-2000 dalam bukunya Taudlih al Adillah.
  122. K.H. Ahmad Makki Abdullah Mahfuzh, Sukabumi Jawa Barat dalam Bukunya  Hishnu as-Sunnah Wal Jama’ah fi Ma’rifat Firaq Ahl al Bid’ah.
  123. Syekh Abdullah Tha'ah. Beliau membantah Ibnu Taimiyah dalam bukunya al Fatawa al 'Aliyyah yang beliau tulis pada tahun 1932. Buku ini memuat fatwa para ulama, para Imam, pengajar dan para mufti serta para Qadli di Makkah, yang sebagian berasal dari Indonesia, Thailand dan lain-lain. Mereka menyatakan bahwa Ibnu Taimiyah sesat dan menyesatkan. Berikut nama para ulama yang turut menghadiri majlis pernyataan fatwa tersebut serta menandatanganinya: Sayyid Abdullah –Mufti Madzhab Syafi'i di Makkah-, Syekh Abdullah Siraj –pimpinan para Qadli dan Kepala para ulama Hijaz-, Syekh Abdullah ibn Ahmad –Qadli Makkah, Syekh Darwisy –Amin Fatwa Makkah-, Muhammad 'Abid ibn Husain –Mufti Madzhab Maliki di Makkah-, Syekh Umar ibn Abu Bakr Bajuneid –Wakil Mufti Madzhab Hanbali di Makkah-, Syekh Abdullah ibn Abbas –Wakil Qadli Makkah-,  Syekh Muhammad Ali ibn Husein al Maliki –Seorang Imam dan pengajar di Makkah-, Syekh Ahmad al Qari –Qadli Jeddah-, Syekh  Muhammad Husein –Seorang Imam dan pengajar di Makkah-,  Syekh Mahmud Zuhdi ibn Abdur Rahman  –Seorang pengajar di Makkah-,  Syekh Muhammad Habibullah ibn Maayaabi –Seorang pengajar di Makkah-,  Syekh Abdul Qadir ibn Shabir al Mandayli (Mandailing-Sumut) –Seorang pengajar di Makkah-,  Syekh Mukhtar ibn 'Atharid al Jawi (asal Jawa) –Seorang pengajar di Makkah-,  Syekh Sa'id ibn Muhammad al Yamani –Seorang Imam dan pengajar di Makkah-,  Syekh Muhammad Jamal ibn Muhammad al Amir al Maliki –Seorang Imam dan pengajar di Makkah-,  Sayyid 'Abbas ibn 'Abdul 'Aziz al Maliki –Seorang pengajar di Makkah-, Syekh Abdullah Zaydan asy-Syinqithi –Seorang pengajar di Makkah-, Syekh Mahmud Fathani (asal Thailand) –Seorang pengajar di Makkah-, Syekh Hasanuddin ibn Syekh Muhammad Ma'shum  asal Medan Deli-Sumut.
  124. Syekh Ahmad Khathib al Minangkabawi, Seorang Imam Madzhab Syafi'i di Makkah asal Minangkabau Sumatera dalam bukunya al Khiththah al Mardliyyah.
  125. Syekh Muhammad Ali Khathib Minangkabau, Murid  Syekh Ahmad Khathib al Minangkabawi,  dalam kitabnya Burhan al Haqq. Beliau juga telah mengumpulkan para ulama di Sumatera untuk membantah Rasyid Ridla penulis al Manar dan para pengikutnya di Indonesia.  Syekh Abdul Halim ibn Ahmad Khathib al Purbawi al Mandayli, Murid Syekh Mushthafa Husein, pendiri Pon-Pes. al Mushthafawiyyah, Purba Baru, Sumut dalam risalahnya Kasyf al Ghummah yang beliau tulis tahun 1389 H -12/8/1969.
  126. Syekh Abdul Majid Ali (W. 2003) Kepala Kantor Urusan Agama daerah Kubu-Riau, Sumatera, salah seorang ulama kharismatik dan terkenal di daerah tersebut. Beliau mengkafirkan Ibnu Taimiyah dan menyatakan bahwa gurunya Syekh Abdul Wahhab Panay-Medan mengkafirkan Ibnu Taimiyah.
  127. K.H. Abdul Qadir Lubis, pimpinan Pon. Pes. Dar at-Tauhid, Mandailing-Sumut (W. 2003). Beliau mengkafirkan Ibnu Taimiyah di sebagian majlisnya.
  128. K.H. Muhammad Sya'rani Ahmadi Kudus Jawa Tengah dalam bukunya al Fara-id as-Saniyyah Wa ad-Durar al Bahiyyah yang beliau tulis pada tahun 1401 H. Dalam buku ini beliau menyatakan bahwa Ibnu Taimiyah adalah seorang Musyabbih  Mujassim (orang yang menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya dan meyakini bahwa Allah adalah jisim -benda-).
  129. K.H. Ahmad Mashduqi Mahfuzh, Ketua Umum MUI Jawa Timur dalam bukunya  al Qawa'id al Asasiyyah Li Ahlissunnah Wal Jama'ah.
  130. Syekh al Muhaddits al Faqih Abdullah al ‘Abdari al Harari al Habasyi dalam kitabnya al Maqalaat as-Sunniyyah Fi Kasyf Dlalalaat Ahmad ibn Taimiyah.


Terakhir, Wahai seorang pencari kebenaran, lihat dan amatilah ! bagaimana mungkin kita berpegangan dengan orang yang dicela oleh sekian banyak para ulama yang menjelaskan hakekatnya serta kesesatan-kesesatannya agar diwaspadai, dijauhi dan tidak diikuti oleh umat.  Apakah menjelaskan kebenaran itu pantas ditentang dan ditolak!? Subhanaka Hadza Buhtan 'Azhim.

0 comments:

Post a Comment