Tahlilan adalah sebuah tradisi ritual
yang komponen bacaannya terdiri dari beberapa ayat al-Qur’an, tahlil,
tasbih, tahmid, sholawat, dan lain-lain. Bacaan tersebut dihadiahkan
kepada orang-orang yang telah wafat. Hal tersebut terkadang dilakukan
secara bersama-sama (berjama’ah). Hal inilah yang membuat kita
berseberangan dengan paradigma kaum salafi wahabi yang menyatakan bahwa
amaliah semacam ini dikatakan bid’ah sesat dan pelakunya masuk neraka.
Bahkan kami temui sebuah artikel dari wahabi yang mengatakan sesatnya
dzikir berjama’ah ala Ust. Arifin Ilham. Tudingan yang semacam ini
tentunya tidak tepat, karena tradisi tahlilan dan dzikir berjama’ah yang
berkembang di nusantara ini memiliki landasan-landasan dalil dari
al-Quran dan Sunnah.
Pengikut Wahabi sepertinya tidak tahu
(atau mungkin lupa) mengenai fatwa Syaikh Ibnu Taimiyah (Ulama yang
menjadi rujukan utama kaum salafi wahabi) yang menganggap dzikir
berjama’ah dan tahlilan termasuk amal ibadah yang paling utama dan
sangat besar pahalanya!.
Dalam hal ini Ibnu Taimiyah berkata :
وَسُئِلَ
عن رجل ينكر على أهل الذكر يقول لهم: هذا الذكر بدعة وجهركم فى الذكر
بدعة، وهم يفتتحون بالقرآن ويختتمون، ثم يدعون للمسلمين الأحياء والأموات،
ويجمعون التسبيح والتحميد والتهليل والتكبير والحوقلة، ويصلون على النبى
صلى الله عليه وسلم، والمنكر يعمل السماع مرات بالتصفيق، ويبطل الذكر فى
وقت عمل السماع؟
فأجاب:
الاجتماع لذكر الله، واستماع كتابه، والدعاء عمل صالح وهو من أفضل القربات والعبادات فى الأوقات. ففى الصحيح عن/ النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال: (إن للَّه ملائكة سياحين فى الأرض، فإذا مروا بقوم يذكرون الله، تنادوا هلموا إلى حاجتكم) وذكر الحديث، وفيه (وجدناهم يسبحونك ويحمدونك). لكن ينبغى أن يكون هذا أحياناً فى بعض الأوقات، والأمكنة، فلا يجعل سنة راتبة يحافظ عليها إلا ما سن رسول الله صلى الله عليه وسلم المداومة عليه فى الجماعات: من الصلوات الخمس فى الجماعات، ومن الجمعات، والأعياد، ونحو ذلك.
وأما محافظة الإنسان على أوراد له من الصلاة، أو القراءة، أو الذكر، أو الدعاء، طرفى النهار وزلفاً من الليل، وغير ذلك، فهذا سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم والصالحين من عباد الله قديما وحديثاً، فما سن عمله على وجه الاجتماع كالمكتوبات، فعل كذلك. وما سن المداومة عليه على وجه الانفراد من الأوراد، عمل كذلك، كما كان الصحابة ـ رضى الله عنهم ـ يجتمعون أحياناً، يأمرون أحدهم يقرأ، والباقون يستمعون. وكان عمر بن الخطاب يقول: يا أبا موسى ذكرنا ربنا، فيقرأ وهم يستمعون، وكان من الصحابة من يقول: اجلسوا بنا نؤمن ساعة، وصلى النبى صلى الله عليه وسلم بأصحابه التطوع فى جماعة مرات، وخرج على الصحابة من أهل الصفة، وفيهم قارئ يقرأ، فجلس معهم يستمع.
/وما يحصل عند السماع والذكر المشروع من وجل القلب، ودمع العين، واقشعرار الجسوم، فهذا أفضل الأحوال التى نطق بها الكتاب والسنة.
وأما الاضطراب الشديد، والغشى والموت والصيحات، فهذا إن كان صاحبه مغلوبا عليه، لم يُلَم عليه، كما قد كان يكون فى التابعين ومن بعدهم. فإن منشأه قوة الوارد على القلب مع ضعف القلب. والقوة، والتمكن أفضل، كما هو حال النبى صلى الله عليه وسلم والصحابة، وأما السكون، قسوة وجفاء، فهذا مذموم لا خير فيه.
وأما ما ذكر من السماع، فالمشروع الذى تصلح به القلوب، ويكون وسيلتها إلى ربها بصلة ما بينه وبينها، هو سماع كتاب الله الذى هو سماع خيار هذه الأمة، لاسيما وقد قال صلى الله عليه وسلم: (ليس منا من لم يتغن بالقرآن) وقال: (زَيِّنوا القرآن بأصواتكم) وهو السماع الممدوح فى الكتاب والسنة. لكن لما نسى بعض الأمة حظاً من هذا السماع الذى ذكروا به، ألقى بينهم العداوة والبغضاء، فأحدث قوم سماع القصائد والتصفيق والغناء مضاهاة لما ذمه الله من المكاء والتصدية، والمشابهة لما ابتدعه النصارى. وقابلهم قوم قست قلوبهم عن ذكر الله، وما نزل من الحق، وقست قلوبهم فهى كالحجارة أو أشد قسوة مضاهاة لما عابه الله على اليهود. والدين الوسط هو ما عليه خيار هذه الأمة قديماً وحديثاً. والله أعلم.
فأجاب:
الاجتماع لذكر الله، واستماع كتابه، والدعاء عمل صالح وهو من أفضل القربات والعبادات فى الأوقات. ففى الصحيح عن/ النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال: (إن للَّه ملائكة سياحين فى الأرض، فإذا مروا بقوم يذكرون الله، تنادوا هلموا إلى حاجتكم) وذكر الحديث، وفيه (وجدناهم يسبحونك ويحمدونك). لكن ينبغى أن يكون هذا أحياناً فى بعض الأوقات، والأمكنة، فلا يجعل سنة راتبة يحافظ عليها إلا ما سن رسول الله صلى الله عليه وسلم المداومة عليه فى الجماعات: من الصلوات الخمس فى الجماعات، ومن الجمعات، والأعياد، ونحو ذلك.
وأما محافظة الإنسان على أوراد له من الصلاة، أو القراءة، أو الذكر، أو الدعاء، طرفى النهار وزلفاً من الليل، وغير ذلك، فهذا سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم والصالحين من عباد الله قديما وحديثاً، فما سن عمله على وجه الاجتماع كالمكتوبات، فعل كذلك. وما سن المداومة عليه على وجه الانفراد من الأوراد، عمل كذلك، كما كان الصحابة ـ رضى الله عنهم ـ يجتمعون أحياناً، يأمرون أحدهم يقرأ، والباقون يستمعون. وكان عمر بن الخطاب يقول: يا أبا موسى ذكرنا ربنا، فيقرأ وهم يستمعون، وكان من الصحابة من يقول: اجلسوا بنا نؤمن ساعة، وصلى النبى صلى الله عليه وسلم بأصحابه التطوع فى جماعة مرات، وخرج على الصحابة من أهل الصفة، وفيهم قارئ يقرأ، فجلس معهم يستمع.
/وما يحصل عند السماع والذكر المشروع من وجل القلب، ودمع العين، واقشعرار الجسوم، فهذا أفضل الأحوال التى نطق بها الكتاب والسنة.
وأما الاضطراب الشديد، والغشى والموت والصيحات، فهذا إن كان صاحبه مغلوبا عليه، لم يُلَم عليه، كما قد كان يكون فى التابعين ومن بعدهم. فإن منشأه قوة الوارد على القلب مع ضعف القلب. والقوة، والتمكن أفضل، كما هو حال النبى صلى الله عليه وسلم والصحابة، وأما السكون، قسوة وجفاء، فهذا مذموم لا خير فيه.
وأما ما ذكر من السماع، فالمشروع الذى تصلح به القلوب، ويكون وسيلتها إلى ربها بصلة ما بينه وبينها، هو سماع كتاب الله الذى هو سماع خيار هذه الأمة، لاسيما وقد قال صلى الله عليه وسلم: (ليس منا من لم يتغن بالقرآن) وقال: (زَيِّنوا القرآن بأصواتكم) وهو السماع الممدوح فى الكتاب والسنة. لكن لما نسى بعض الأمة حظاً من هذا السماع الذى ذكروا به، ألقى بينهم العداوة والبغضاء، فأحدث قوم سماع القصائد والتصفيق والغناء مضاهاة لما ذمه الله من المكاء والتصدية، والمشابهة لما ابتدعه النصارى. وقابلهم قوم قست قلوبهم عن ذكر الله، وما نزل من الحق، وقست قلوبهم فهى كالحجارة أو أشد قسوة مضاهاة لما عابه الله على اليهود. والدين الوسط هو ما عليه خيار هذه الأمة قديماً وحديثاً. والله أعلم.
Ibnu
Taimiyah ditanya tentang seorang laki-laki yang mengingkari ahli dzikir,
dimana ia memprotes ahli dzikir (berjama’ah) “Ini dzikir bid’ah dan
menyaringkan suara didalam dzikir kalian juga bid’ah”. Mereka (ahli
dzikir) memulai dan menutup dzikirnya dengan membaca al-Qur’an, kemudian
mereka berdo’a untuk kaum muslimin yang hidup maupun yang sudah wafat,
mereka mengumpulkan antara bacaan tasybih, tahmid, tahlil, takbir,
hawqalah (Laa Hawla wa Laa Quwwata Ilaa Billah), mereka juga bershalawat
kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Jawab:
Berkumpul untuk dzikir kepada Allah, mendengarkan Kitabullah dan do’a
merupakan amal shalih, dan itu termasuk dari paling utamanya qurubat
(amal mendekatkan diri kepada Allah) dan paling utamanya ibadah-ibadah
pada setiap waktu, didalam hadits Shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam, bahwa beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah memiliki malaikat
yang selalu bepergian di bumi, ketika mereka melewati sebuah kaum
(perkumpulan) yang berdzikir kepada Allah, mereka (para malaikat)
berseru : “Silahkan sampaikan hajat kalian”. Dan disebutkan di dalam
hadits tersebut, terdapat redaksi “Dan kami menemukan mereka bertasbih
kepada-Mu dan bertahmid memuji-Mu”, akan tetapi selayaknya hal ini di
hidupkan kapan saja dan dimana saja, tidak dijadikan sebagai sunnah
ratibah yang dirutinkan kecuali apa yang disunnahkan Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berketerusan dalam jama’ah seperti
shalat 5 waktu (dilakukan) dalam jama’ah, hari raya dan semisalnya.
Adapun umat Islam memelihara rutinitas wirid-wirid baginya seperti
shalawat atau membaca al-Qur’an, atau mengingat Allah atau do’a pada
seluruh siang dan sebagian malam atau pada waktu lainnya, maka hal ini
merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, orang-orang
shalih dari hamba-hamba Allah sebelumnya dan sekarang. (Majmu’ al-Fatawa [22/520-521])
Khusus mengenai menghadiahkan pahala
kepada mayit, Ibnu Taimiyah menegaskan bahwa barangsiapa mengingkari
sampainya amalan orang hidup pada orang yang meninggal maka ia termasuk
ahli bid’ah. Dalam Majmu’ fatawa jilid 24 halaman 306 ia menyatakan, “Para
imam telah sepakat bahwa mayit bisa mendapat manfaat dari hadiah orang
lain. Ini termasuk hal yang pasti diketahui dalam agama Islam, dan telah
ditunjukkan dengan dalil kitab, sunnah, dan ijma’ (konsensus) ulama’.
Barang siapa menentang hal tersebut, maka dia termasuk ahli bid’ah”.
Dengan demikian apakah kaum Salafi
Wahabi berani mengatakan bahwa Ibnu Taimiyah yang menganjurkan tahlilan
dan dzikir berjama’ah termasuk ahli bid’ah dan masuk neraka? ^_^
0 comments:
Post a Comment